Cara Menggunakan dan Merawat Mesin Espresso

Cara Menggunakan dan Merawat Mesin Espresso

Umumnya, mesin kopi tersedia dalam 2 jenis, yaitu manual dan otomatis. Persamaan antara keduannya yaitu sama-sama mampu membuat espresso. Itulah kenapa banyak orang menyebut mesin kopi dengan istilah mesin espresso. Anda harus merawat mesin kopi espresso otomatis agar hasil kopinya tidak berubah. Memang, peralatan kopi bisa mempengaruhi rasa kopi tersebut.

Jadi, jika Anda punya mesin kopi espresso, Anda harus merawatnya agar awet dan bisa mempertahankan kualitas kopi. Tetapi, menggunakan dan merawat kopi tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Untuk itu, pastikan Anda menyimak penjelasannya di bawah ini.

Cara Menggnakan Mesin Espresso

Untuk menggunakan mesin espresso rumahan, ada beberapa hal pokok yang harus Anda perhatikan.

1. Mengatur Penggilingan

Hal mendasar dalam pembuatan kopi menggunakan mesin kopi espresso adalah mengatur penggilingannya. Pasalnya, mesik akan menggiling sesuai permintaan Anda.

Di sini, Anda bisa memberikan waktu khusus untuk menyesuaikan gilingan agar kualitas hasil kopi meningkat. Tujuan mengatur penggilingan adalah agar rasi kopi semakin nikmat.

2. Memastikan Volume

Sebenarnya, volume ini mengacu pada tingkatan air dalam mesin untuk membuat secangkir espresso. Aturan praktisnya adalah 15 ml air untuk 1 shot & 30 ml air untuk double shot.

Perlu Anda catat bahwa tiap mesin punya kapasitas volume air yang berbeda-beda. Jadi, Anda bisa memilih mesin kopi dengan kapasitas volume air sesuai keperluan Anda.

3. Mengatur Jumlah Biji Kopi

Dalam menggunakan mesin espresso, Anda juga harus memperhatikan pengaturan jumlah biji kopinya. Anda dapat memilih jumlah biji kopi sesuai keinginan, baik dalam ukuran ons maupun gram.

Cara Merawat Mesin Espresso

Merawat mesin kopi espresso juga tak kalah pentingnya. Setelah selesai menggunakannya, pastikan untuk membersihkan seluruh komponen, mulai dari head mesin. Biasanya, banyak partikel kopi dan minyak yang menempel di bagian itu.

Anda juga dapat melakukan perawatan mesin kopi dengan mencucinya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pisahkan Brew Basket & Filter, kemudian buang dan bersihkan sisa ampas.
  2. Siram dengan air panas & sabun khusus penghilang lemak.
  3. Cuci komponen mesin yang dapat terkena air menggunakan kain lembut atau spons untuk membersihkan sisa bubuk kopi & residu berminyak.
  4. Bilas dengan air hangat.
  5. Seka menggunakan kain lembut atau kertas tisu pada setiap bagian mesin.
  6. Setelah semuanya kering, pasang lagi komponen-komponen seperti semula.

Mesin Espresso Terbaik

Setelah mengetahui cara menggunakan dan merawatnya, Anda mungkin ingin membeli mesin espresso terbaik. Jika belum punya pilihan, Anda bisa mempertimbangkan mesin kopi/espresso Nescafe Dolce Gusto. Untungnya, mesin ini tidak memerlukan perawatan yang berlebih. Anda hanya perlu menjaganya tetap bersih dan menghilangkan kerak tiap 3 atau 4 bulan.