5 Nutrisi Penting dalam Susu Pertumbuhan Anak

5 Nutrisi Penting dalam Susu Pertumbuhan Anak

Susu pertumbuhan merupakan produk yang biasa diandalkan oleh para orang tua untuk memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh sang Buah Hati. Karena di dalamnya mengandung zat gizi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Zat gizi apa saja yang ada dalam susu pertumbuhan anak?  Simaklah penjelasan berikut ini, agar orangtua dapat memilih produk yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Nutrisi dalam Susu Pertumbuhan Anak

Susu pertumbuhan merupakan produk yang diformulasikan dengan kadar nutrisi yang tepat. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa si Kecil selalu memperoleh giziyang cukup.

Protein

Protein merupakan zat yang digunakan untuk membangun sel tubuh. Selain itu juga mampu memperbaiki sel yang mengalami kerusakan sehingga dapat kembali lagi ke dalam bentuk normalnya.

Adapun protein yang biasanya ada dalam susu pertumbuhan dalam bentuk dua jenis yaitu whey dan kasein. Pilihlah kandungan protein yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Karbohidrat

Susu pertumbuhan juga umumnya mengandung karbohidrat dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energinya. Sebab di dalam tubuh nutrisi ini diubah menjadi energi agar si Kecil dapat beraktivitas dengan baik.

Vitamin

Produk ini juga mengandung vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuhnya. Mulai dari vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin B yang dapat mendukung proses pembentukan sel imunitas serta menjaga kesehatan saraf.

Juga mengandung vitamin C yang sangat diperlukan untuk produksi sel imun di dalam tubuh. Selain itu pula produk ini sangat kaya dengan vitamin D yang berkolaborasi dengan kalsium untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Mineral

Susu pertumbuhan anak juga mengandung mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Antara lain adalah zat besi yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah agar transportasi oksigen berlangsung secara optimal.

Selain itu juga kaya dengan kalsium yang dimanfaatkan untuk membangun tulang dan gigi yang padat. Sehingga anak dapat beraktivitas dengan lincah dan tulang tersebut tidak mudah patah ketika jatuh.

Produk ini juga mengandung kalium dan seng dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah. Sehingga anak dapat beraktivitas dengan energi karena jantung dapat bekerja dengan sempurna.

Prebiotik dan Probiotik

Pada umumnya susu pertumbuhan anak juga dilengkapi dengan prebiotik dan probiotik. Keduanya dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan organ pencernaan agar proses penyerapan nutrisi di dalam usus berlangsung optimal.

Kehadiran keduanya dalam jumlah yang cukup juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit pada saluran cerna. Antara lain adalah diare dan sembelit.

Anda dapat memanfaatkan susu pertumbuhan untuk memberikan asupan nutrisi tambahan bagi sang Buah Hati. Terutama jika masuk ke dalam fase sulit makan sehingga tidak perlu khawatir apakah gizinya tercukupi atau tidak.